Pembina Proklim Terbaik, Wali Kota Blitar Terima Penghargaan Gubernur Jatim

Pembina Proklim Terbaik, Wali Kota Blitar Terima Penghargaan Gubernur Jatim
Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin (12/9/2022).

Blitar, (afederasi.com) - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Blitar. Kali ini dari bidang Lingkungan Hidup. Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso Senin (12/9/2022) menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai pembina proklim terbaik Tingkat Jawa Timur.

Penghargaan diserahkan pada acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Internasional, Surabaya. Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Ir. Jajuk Indihartati.

Kebijakan Wali Kota Blitar yang dianggap pro terhadap proklim ditunjukkan dengan menetapkan visi misi RPJMD yang berwawasan lingkungan. Konkritnya dengan mewujudkan Tata Ruang yang Berwawasan Lingkungan Hidup dan Berkeadilan.

Komitmen Wali Kota Blitar terhadap Program Kampung Iklim juga diraih dengan menerbitkan regulasi melalui Perda No 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Perwali No 72 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kota Blitar, yang mendukung aksi adaptasi dan mitigasi Proklim Kota Blitar.

Wali Kota menjelaskan strategi pelaksanaan proklim diantaranya melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan secara intensif pada lokasi binaan yang diusulkan mengikuti proklim. (ang/adv)