Kejuaraan Bulutangkis Antar Media Djarum Foundation Kembali Bergulir, Dibagi Tiga Zona

Kejuaraan Bulutangkis Antar Media Djarum Foundation Kembali Bergulir, Dibagi Tiga Zona
Para pemenang KBAM Djarum Foundation 2019 foto bersama panitia di GOR Sudriman Surabaya.

Surabaya, (afederasi.com) - Setelah vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Kejuaraan Bulutangkis Antar Media (KBAM) kembali digelar tahun 2022. Event ini dimulai saboh sejak 2006 dengan pertandingan beregu maupun perorangan .

Event yang disponsori oleh Djarum Bakti Olahraga itu, mulai 2012 ditetapkan untuk pelaksanaan tahun ganjil konsep pertandingan beregu dan untuk tahun genap konsep pertandingan ganda perorangan. Dengan dibagi ke dalam 3 (tiga) kelompok usia, yaitu 25 - 34 tahun, 35 – 44 tahun dan 45 tahun ke atas.

Pada 2022 ini, di era new normal pandemi Covid-19, ini KBAM akan dilaksanakan dengan tema “Guyub Rukun Wartawan Indonesia Mendukung Prestasi Bulutangkis Indonesia”. Konsep kejuaraan mempertandingkan ganda perorangan dibagi dalam 3 (tiga) kelompok usia yaitu 25 - 34 tahun, 35 – 44 tahun dan 45 tahun ke atas. Pelaksaannya  di tiga zona (Jakarta, Surabaya dan Semarang). Kejuaraan ini disponsori Bakti Olahraga Djarum Foundation, dan melibatkan kerjasama SIWO PWI Pusat, SIWO PWI DKI Jakarta, SIWO PWI Jateng, dan SIWO PWI Jatim.   

Kejuaraan Bulutangkis Antar Media tahun 2022 kali ini untuk kategori perorangan  mempertandingkan nomer ganda. 

''Peserta harus mengatasnamakan media tempatnya bekerja, peserta harus wartawan yang bekerja di perusahaan media yang terdaftar di Dewan Pers,''  kata Ikhsan Tri Riswandiyo dari Panpel KBAM 2022 Pusat. 

Selain itu, keabsyahan sebagai wartawan diperlihatkan dengan identitas yang jelas dan masih berlaku, antara lain kartu Persatuan Wartawan Indônèsia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), atau Ikatan Jurnalis Televisi Indônèsia (IJTI). Wartawan yang tidak punya kartu PWI, AJI atau IJT tapi, terang Ikhsan, karya jurnalistiknya bisa terlacak di link-link pemberitaan, boleh menjadi peserta.

''Wartawan yang sah secara kepesertaan tapi tidak punya pasangan di medianya, boleh dipasangkan dengan wartawan senasib dari media lain dalam zona yang sama,'' ucap Ikhsan.  

Dia menambahkan, ketentuan untuk menentukan pasangan dipastikan panpel dengan mekanisme diundi. Ikhsan juga mengingatkan peserta tidak diperbolehkan bagi peserta untuk mengikuti kejuaraan double di lain kota.

''Ketentuan pertandingan memakai sistem yang dipakai BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia)  Peraturan yang digunakan mengacu pada ketentuan BWF dengan hitungan reli poin 21, deuce, dan rubber game. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang tidak mengikuti peraturan yang telah ditentukan, '' jelas Ikhsan.

Pelaksanaan KBAM 2022 dibagi menjadi tiga zona yakni Zona Indonesia Barat yang meliputi Sumatera, Banten, DKI Jakarta, Jabar, dan Kalimantan dan dilaksanakan di GOR Pasar Minggu, Jakarta, 31 Oktober – 2 November 2022. Kemudian, lanjut Ikhsan,  Zona Indonesia Tengah (Jateng, DI Yogyakarta) di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, 8 - 9 November 2022. Untuk Zona Indonesia Timur (Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua) dilaksanakan di GOR Sudirman, Surabaya, 15 – 17 November 2022.

 ''Hadiah total per zona Rp 54 juta. Untuk itu, kami harapkan para wartawan banyak yang ikut KBAM 2022 ini,'' pungkas Ikhsan. (al)