Kabupaten Blitar Penuhi 30 Persen Kebutuhan Telur Nasional, Bupati Rini Syarifah: Tekankan Konsumsi Telur

Kabupaten Blitar Penuhi 30 Persen Kebutuhan Telur Nasional, Bupati Rini Syarifah: Tekankan Konsumsi Telur
Bupati Blitar Rini Syarifah ketika menghadiri Peringatan Hari Telur Sedunia di di Aloon-Aloon Kanigoro, Kamis (13/10/2022).

Blitar, (afederasi.com) - Bupati Blitar Rini Syarifah menekankan pentingnya mengkonsumsi telur ayam, mengingat telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung bahan penting bagi kehidupan.

Hal itu disampaikan Bupati Rini Syarifah saat memberi sambutan pada acara kampanye makan telur dalam rangka memperingati Hari Telur Sedunia tahun 2022 yang diselenggarakan di Aloon-Aloon Kanigoro, Kamis (13/10/2022).

Acara Peringatan Hari Telur Sedunia tahun 2022 di Kabupaten Blitar yang juga dihadiri Kepala Badan Pangan Nasional RI tersebut disediakan 2.000 butir telor rebus yang dibagikan kepada pelajar TK hingga SMA untuk dimakan bersama-sama.

Bupati Rini Syarifah menyampaikan, dalam rangka bakti peternak pada negeri dan Peringatan Hari Telur Sedunia tahun 2022, ia mengajak bersama-bersama menggerakkan untuk makan telur setiap hari.

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Blitar mempunyai ayam ras petelur, bulan Januari hingga September 2022 mencapai 15 juta lebih ekor dengan produksi 447,51 ton perhari, maka tidak heran kalau telur di Kabupaten Blitar penyumbang 30 persen nasional.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Telur Sedunia tahun 2022.

"Kegiatan ini selain mendukung eksistensi para peternak ayam petelur juga mengkampanyekan gemar makan telur dimana sebagai Peringatan Hari Telur Sedunia tahun 2022," jelasnya.

Dijelaskannya, telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung bahan penting bagi kehidupan, sehingga momentum Peringatan Hari Telur Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya telur.

"Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua, khususnya sebagai upaya untuk mendukung pembangunan nasional terutama mewujudkan pencapaian ketahanan pangan," pungkasnya.

Sementara Kepala Badan Pangan Nasional RI Arief Prasetyo Adi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kampanye makan telur yang didukung Paguyuban Peternak Rakyat Nasional.

"Apresiasi juga kepada Kabupaten Blitar karena kita bisa makan sumber protein yang sangat terjangkau dan mudah diolah dari Blitar," imbuhnya. (ang/adv)