Fenomena Full Moon, Waspada Banjir Rob Pesisir Utara

02 Jan 2023 - 09:48
Fenomena Full Moon, Waspada Banjir Rob Pesisir Utara
Warga melintas ditengah banjir rob di wilayah pesisir utara. (ilustrasi)

Jakarta, (afederasi.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga di pesisir utara Jakarta untuk mewaspadai potensi banjir rob yang diprediksi berlangsung pada periode 3-10 Januari 2023.

"Waspada banjir pesisir. Durasi: 03 Januari sampai dengan 10 Januari 2023,"jelas Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo.

BPBD menyebut bahwa ada fenomena bulan purnama (full moon) pada 6 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, di antaranya pesisir utara DKI Jakarta.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," terangnya.

Selain pesisir utara Jakarta, BMKG sebelumnya telah mengingatkan potensi terjadinya banjir rob di sejumlah daerah pada awal tahun ini.

Beberapa di antaranya adalah pesisir Sumatera Barat, pesisir Bengkulu, pesisir Banten, pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, pesisir Sulawesi Utara, pesisir Maluku dan pesisir daerah lainnya.

"Potensi banjir pesisir ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," katanya. (mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow