Bupati Rini Syarifah: Kajurkab Cetak Atlet Atletik Berprestasi

Bupati Rini Syarifah: Kajurkab Cetak Atlet Atletik Berprestasi
Bupati Blitar Rini Syarifah ketika melepas balon sebagai tanda dibukanya Kejurkab Atletik antar pelajar di lapangan PLTA Lodoyo Kabupaten Blitar, Selasa (11/10/2022).

Blitar, (afederasi.com) - Bupati Blitar Rini Syarifah membuka secara resmi membuka Kejurkab Atletik Antar Pelajar se Kabupaten Blitar yang diselenggarakan di lapangan PLTA Lodoyo Kabupaten Blitar, Selasa (11/10/2022).

Kejurkab yang mengusung tema “Cabor Atletik Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Kabupaten Blitar” tersebut diikuti 600 lebih atlet pelajar tingkat SD yang tersebar di Kabupaten Blitar.

Bupati Rini Syarifah sangat mendukung kegiatan ini, karena sebagai upaya untuk mencetak pelatih berkualitas dan atlet-atlet berbakat sebagai bibit-bibit baru untuk berprestasi bukan saja di kancah nasional namun juga internasional. 

"Terima kasih pula kepada Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang telah mendukung mulai dari pembinaan pelatih sampai terselenggaranya kegiatan ini," jelasnya.

Bupati berharap kegiatan yang berlangsung hari ini, bisa memacu semangat semua atlet mempersiapkan diri untuk Kejurprov Tahun 2023 dalam Pekan Olahraga SD se Jawa Timur. 

"Saya minta, agenda ini benar-benar mencetak atlet berprestasi yang kelak membawa nama harum Kabupaten Blitar," pinta Bupati Rini. 

Lebih lanjut ia menyampaikan , Atletik adalah cabang olahraga yang terdiri dari gabungan beberapa jenis olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan. 

Saat ini, atletik menjadi satu di antara olahraga paling umum yang dimainkan di berbagai penjuru dunia dan dianggap sebagai olahraga yang sederhana karena tidak membutuhkan banyak perlengkapan dan peralatan yang rumit, serta tidak membutuhkan banyak biaya jika ingin menekuninya. 

Atletik bisa dilakukan oleh berbagai kalangan dan usia. Atletik bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan kemampuan biomotorik lainnya. Khusus untuk anak-anak Sekolah Dasar, atletik dapat meningkatkan kebugaran anak, meningkatkan efektivitas kerja jantung dan paru-paru anak. 

"Semoga kegiatan ini bisa berlangsung lancar, dan menjadi spirit kita semua untuk berolahraga. Seperti ungkapan tokoh dunia, Mahatma Gandhi bahwa "Harta sehati adalah kesehatan, bukan emas dan perak." . Untuk itu semangat terus berolahraga dan memasyarakatkan olahraga,"pungkasnya. (adv/kmf)