Bupati Blitar Tekankan Pentingnya Pengawasan Anak

Bupati Blitar Tekankan Pentingnya Pengawasan Anak
Workshop K3TK (Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak) di Gedung KPRI Dinas Pendidikan di Kecamatan Ponggok, Rabu (28/09/2022).

Blitar, (afederasi.com) - Bupati Blitar Rini Syarifah secara resmi membuka workshop K3TK (Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak) di Gedung KPRI Dinas Pendidikan di Kecamatan Ponggok, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan workshop melalui sekolah sak ngajine, kegiatan pembiasaan berbahasa dan berbudaya Jawa serta permainan tradisional itu juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Ketua Dekranasdaxz, Muspika Kecamatan Ponggok dan Guru Paud atau TK yang berada di wilayah Blitar Barat.

Melansir dari Instagram @makriniofficial, Bupati Rini Syarifah dalam kesempatan itu menekankan pentingnya pengawasan kepada anak terhadap perkembangan teknologi dan informasi dalam penggunaan HP.

"Program Sekolah Sak Ngajine yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar sebagai salah satu inovasi pembentukan karakter pada anak. Selain itu juga mengenalkan kembali permainan tradisional dan penggunaan Bahasa Jawa baik di sekolah atau lingkungan rumah," jelas Bupati.

Menurutnya, kebiasaan berbahasa jawa halus atau kromo inggil harus dibiasakan sejak dini, agar anak - anak memiliki pondasi yang kuat dalam mencintai budaya asli daerah.

"Semoga kegiatan workshop ini membawa manfaat dan barokah untuk semuanya demi menghantar anak didik menjadi generasi cerdas, berkarakter dan mencintai kearifan lokal," pungkasnya.

Sekedar informasi, Dalam acara tersebut juga diserahkan piala dan hadiah penghargaan Lomba Alat Permainan Edukatif pada peringatan Hari Anak Nasional kepada Guru KB dan Guru TK. (Kmf/adv)