Bupati Blitar Gencarkan Program OVOP melalui Sambang Desa

Bupati Blitar Gencarkan Program OVOP melalui Sambang Desa
Bupati Blitar Rini Syarifah ketika menghadiri sambang desa di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Rabu (28/09/2022).

Blitar, (afederasi.com) - Melalui program One Village One Product (OVOP), Bupati Blitar Rini Syarifah menggencarkan kegiatan sambang desa. Program OVOP kali ini menyasar dua desa di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Rabu (28/09/2022).

Dua desa yang disambangi Bupati Rini Syarifah bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan asisten Pemkab Blitar yakni Desa Sidorejo dan Desa Gembongan.

Dalam sambangannya, Bupati Blitar juga menyempatkan melihat berbagai produk unggulan UMKM setempat, mulai dari produk makanan, minuman, hingga kerajinan yang ada di dua desa tersebut.

“Potensi yang ada di desa Sidorejo sangat melimpah hasil alamnya, seperti nanas dan kelapa. Contoh buah nanas yang diolah oleh masyarakat setempat menjadi minuman segar,” kata Bupati Rini Syarifah disela-sela kegiatannya.

Bupati mengungkapkan, melimpahnya nanas di desa ini, dimanfaatkan untuk produksi dan hasilnya banyak turunannya. Contoh ampasnya bisa dibuat untuk makanan dodol, ini peluang usaha yang sangat luar biasa, termasuk kulitnya untuk pupuk.

“Saya merasa senang di desa Sidorejo, karena peluangnya di depan mata sangat luar biasa. Saya berharap potensi yang ada di Desa Sidorejo bisa dikembangkan secara maksimal,” ajaknya.

Pihaknya juga akan selalu mensupport potensi yang ada di Desa Sidorejo ini, saya juga berharap anak muda milenial di desa ini mempunyai bakat Entrepreneur.

Sementara di Desa Gembongan, Bupati juga mengunjungi tempat burung hias dan banyak sekali yang ditampilkan, suatu saat jika ada agenda festival pihaknya akan mengangkat dan akan terus mendorong potensi yang ada di Desa Gembongan.

“Alhamdulillah, ternyata potensinya sangat luar biasa, UMKM nya bagus, termasuk sektor pertaniannya, peternakan, perikanan. Kita langsung terjun untuk melihat potensi yang ada di desa. Termasuk dalam program ini banyak solusi yang saling bersinergi dengan daerah lain,” imbuhnya. (adv/kmf)