Bawaslu Turunkan APK di Masa Tenang

11 Feb 2024 - 12:42
Bawaslu Turunkan APK di Masa Tenang
Penurunan alat peraga kampanye oleh Bawaslu Jombang dan petugas gabungan pada masa tenang, Minggu (11/02/2024). (Dwi Santoso/afederasi.com)

Jombang, (afederasi.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang bersama Bawaslu Jombang dan Satpol-PP Jombang tertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2024 karena sudah memasuki masa tenang pemilu, Minggu (11/02/2024)

Aturan mengenai jadwal tahapan Pemilu 2024 diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022. Pada aturan itu dituliskan masa tenang Pemilu 2024 akan dimulai pada Minggu, 11 Februari 2024.

Dikonfirmasi terkait pembersihan alat peraga kampanye menjelang masa tenang pemilu, Pj Bupati Jombang Sugiat mengatakan hari ini sebelum dilakukan pembersihan alat peraga kampanye terlebih dahulu dilakukan apel gabungan di halaman Kantor KPU Jombang. Karena sudah menjadi tahapan pemilu dan besok sudah harus bersih karena sudah memasuki hari tenang.

"Kita koordinasikan seluruh nya bisa membantu Pemda juga demikian Bawaslu, KPU ada juga Satpol-PP Dishub semua kerjasama TNI, Polri juga sehingga kita berkoordinasi malam ini kalau bisa dibersihkan besok pagi sudah tidak ada sehingga memasuki masa tenang bisa berlangsung baik ,"pungkasnya. 

Sementara itu Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan hari ini akan melakukan penertiban alat peraga kampanye peserta pemilu karena sudah memasuki masa tenang pemilu serentak 2024.

"Kegiatan tadi diawali dengan apel gabungan terlebih dahulu di halaman Kantor KPU Jombang, dipimpin oleh Pj Bupati Jombang dalam pelaksanaan kegiatan penertiban alat peraga kampanye di masa tenang tanggal 11 sampai 13 Februari 2024," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang David mengatakan, rencana pembersihan APK di masa tenang sebelumnya sudah dilakukan koordinasi dengan KPU Jombang untuk membahas detail langkah teknis yang didalamnya melibatkan stakeholder terkait.

“Kita koordinasi dengan KPU dan sudah membuat langkah teknisnya. Setelah apel pukul 00.00 WIB kita langsung membersihkan alat peraga kampanye,” terangnya.

Dafid mengatakan untuk pembersihan APK dibagi menjadi dua tim. “Nanti ada dua tim yang menyisir dan nanti bertemunya kembali di kantor KPU dan kalau belum selesai dilanjutkan besok pagi oleh Panwalsu Kecamatan di masing-masing Kecamatan se Kabupaten Jombang,"pungkasnya. (san)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow